Ketika kabar wafatnya
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu
anh baru datang dari Sanh, sebuah daerah dekat Madinah dan di tempat itulah
istri Abu Bakar radhiyallahu anh, Habibah binti Kharijah tinggal.
Kemudian, ia membuka penutup wajah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
dan mencium kening beliau seraya berkata, “Ayah dan ibuku sebagai tebusan,
engkau adalah orang suci baik ketika masih hidup maupun setelah wafat.”
Abu Bakar menutup wajah
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, kemudian berdiri dan naik ke
atas mimbar, lalu menyadarkan orang-orang:
مَنْ كَانَ مِنْكُمْ يَعْبُدُ مُحَمَّدًا فَإِنَّ مُحَمَّدًا قَدْ
مَاتَ، وَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ يَعْبُدُ اللهَ فَإِنَّ اللهَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ
“Barangsiapa di antara kalian yang menyembah Muhammad, maka
ketahuilah bahwasanya Muhammad telah meninggal. Dan barangsiapa di antara
kalian yang menyembah Allah, maka ketahuilah bahwasanya Allah Maha Hidup,
takkan pernah mati.”
Lalu, ia membacakan firman
Allah:
وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ
أَفَإِنْ مَاتَ أَوْ قُتِلَ انْقَلَبْتُمْ عَلَى أَعْقَابِكُمْ وَمَنْ يَنْقَلِبْ عَلَى
عَقِبَيْهِ فَلَنْ يَضُرَّ اللهَ شَيْئًا وَسَيَجْزِي اللهُ الشَّاكِرِينَ
“Dan Muhammad hanyalah seorang Rasul; sebelumnya telah berlalu
beberapa Rasul. Apakah jika ia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang
(murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak akan merugikan
Allah sedikitpun. Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (Q.S.
Ali Imran: 144)
Maka, mulailah para sahabat
menangis terisak-isak. Mereka keluar ke jalan-jalan seraya mengulang-ulang ayat
tersebut. Anas radhiyallahu anh berkara, “Seolah-olah kami belum pernah
mendengar ayat ini kecuali saat itu.”[1]
Padahal, Al-Qur’an telah
sempurna sebelum beliau wafat. Walaupun demikian, ayat ini seolah-olah ayat
baru bagi mereka, dan itu disebabkan dahsyatnya musibah wafatnya Nabi shallallahu
alaihi wa sallam.
Al-Abbas bin Abdul Muththalib,
Ali bin Abu Thalib, dan Al-Fadhl bin Al-Abbas, yang dibantu para sahabat
lainnya, memandikan dan mengkafani Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
Kemudian, beliau dishalatkan dan dikebumikan. Pengurusan jenazah Nabi seperti
itu karena Al-Abbas adalah paman beliau serta Ali dan Al-Fadhl adalah sepupu
beliau. Maka, merekalah yang paling berhak mengurus jenazah beliau.
[1] Shahiih
Al-Bukhary, no. 3668
------------------------------------
Sumber: Hiqbah min At-Taariikh, Syaikh Dr. Utsman Al-Khamiis
diterjemahkan oleh Syafaruddin Lc
ditulis dan ditata ulang oleh Hasan Al-Jaizy
No comments:
Post a Comment