Tuesday, February 5, 2013

HADITS DHA’IF & MAUDHU’ : 002 Hanya Menambah Kejauhan dari Allah


من لم تنهه صلاته عن الفحشاء والمنكر لم يزدد من الله إلا بعدا

“Barangsiapa shalatnya tidak dapat mencegahnya dari perbuatan keji dan munkar, maka ia tidak menambah sesuatu pun dari Allah kecuali kejauhan.”

Hadits ini bathil!

Walaupun ia sangat dikenal dan sering menjadi pembicaraan, namun sanad maupun matannya tidak sahih.

Dari segi sanad:

Telah diriwayatkan oleh Ath-Thabrany dalam Al-Mu’jam Al-Kabiir (II/106/3), Al-Qudha’I dalam Musnad Asy-Syihaab (II/43), Ibnu Hatim dalam Tafsiir Ibn Katsiir (II/414) dan kitab Al-Kawaakib Ad-Daraary (I/2/83), dari jalur Laits, dari Thawus, dari Ibnu Abbas.

Ringkasnya, hadits tersebut sanadnya tidak sahih sampai kepada Rasulullah, tetapi hanya mauquuf (berhenti) sampai kepada Ibnu Mas’ud dan merupakan ucapannya. Juga hanya sampai kepada Ibnu Abbas. Karena itu, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitaab Al-Iimaan hal. 12 tidak menyebut-nyebut kecuali sebagai riwayat mauquuf yang hanya sampai kepada Ibnu Mas’ud dan Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma.

Dari segi matan:

Matannya pun tidak sahih sebab zahirnya mencakup siapa saja yang mendirikan shalat dengan memenuhi syarat dan rukunnya. Padahal, syara’ tetap menghukuminya sebagai yang benar atau sah,kendatipun pelaku shalat tersebut masih suka melakukan perbuatan maksiat. Jadi, tidaklah benar bila dengannya (yakni shalat yang benar) justru akan menjauhkan pelakunya dari Allah Ta’ala. Ini sesuatu yang tidak masuk akal dan tidak pula dibenarkan dalam syariat. Karena itu, Ibnu Taimiyyah mentakwil kata-kata “tidak menambahnya kecuali jauh dari Allah” jika yang ditinggalkannya itu merupakan kewajiban yang lebih agung dari yang dilakukannya. Dan ini berarti pelaku shalat tadi meninggalkan sesuayu sehingga shalatnya tidak sah, seperti rukun-rukun dan syarat-syaratnya. Kemudian, tampaknya bukan shalat yang demikian (yakni yang sah dan benar menurut syara’) yang dimaksud dalam hadits mauquuf di atas.

------------------------------

Sumber: Silsilah Al-Ahaadiits Adh-Dha'iifah wa Al-Maudhuu'ah oleh Syaikh Al-Albany

ditulis dan diringkas oleh Hasan Al-Jaizy

1 comment:

  1. assalamualaikum ijin share ilmunya ustadz....
    abu ahmad

    ReplyDelete